Mahasiswa Berkarakter Menurut Imam Sya'Roni

0
Mahasiswa Berkarakter
Menurut Saya, Karakter adalah Ciri khas yang dimiliki oleh setiap individu dan itu bersifat baik yang akan menunjang kehidupannya. Karakter tersebut akan menjadi nilai tambah bagi individu yang memilikinya dan juga sebagai pembeda dengan lainnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Tahun 2009 tentang Pendidikan Berkarakter. Latar belakang dari dimulainya cikal bakal pendidikan berkarakter adalah terjadinya banyak kejadian buruk dari moral manusia pada tahun 2009. Mulai dari pencurian,tawuran,perkosaan dan sebagainya. Untuk membangun nilai kebangsaan dan persatuan yang tinggi seperti dulu. Maka, menteri Indonesia membuat kesepakatan untuk memuilai era baru dimana pendidikan berkarakter menjadi satu tolak ukur dari berkembangnya suatu individu.
Macam-macam Karakter yang harus dimiliki oleh Mahasiswa adalah
1.     Cerdas
Cerdas merupakan hal yang mutlak yang harus mahasiswa miliki. Cerdas akan menunjang proses belajar menjadi mudah dan tidak ada kesulitan apapun. Selain itu, cerdas juga bisa sebagai pengembangan dari individu itu sendiri untuk maju menjadi yang terbaik.
2.     Jujur
Jujur adalah sifat dasar manusia yang mutlak harus dimiliki. Jujur merupakan hal penunjang tumbuhnya kepercayaan orang lain kepada diri kita sendiri. Jujur juga mempunyai hal yang dominan dalam hidup ini untuk menunjang kehidupan kita dalam bermasyarakat.
3.     Peduli
Orang lain kepada orang lain harus disatukan dengan rasa perduli. Kita semua makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk menunjang aktivitas kita maupun menjadi penyemangat disaat hal apapun terjadi. Perduli merupakan hal mudah dilakukan semua orang. Keperduliaan terhadap orang lain akan menjadikan kita sebagai orang yang saling tolong menolong dan dijauhi dari sifat individualism
4.     Tangguh
Dalam kehidupan di era yang modern ini. Persaingan dalam dunia kerja maupun sector apapun semakin hari semakin tinggi kualitasnya. Hal ini yang membuat kita harus tangguh dalam persaingan diera yang modern ini. Tangguh dalam kehidupan untuk memperoleh hasil yang memuaskan
5.     Disiplin
Hal yang mutlak dan pelengkap dari hal-hal yang lain. Tanpa adanya sikap disiplin semuanya akan terbuang sia-sia. Disiplin berperan aktif dalam kehidupan seseorang. Orang yang disiplin mudah untuk dihargai dan menjalani hidupnya.

          Semua sifat-sifat karakter dalam Mahasiswa berkarakter tersebut saling melengkapi satu sama lain. Saling menjadi penyokong sifat yang satu dengan yang lainnya. Jika kita bisa mensinergikan sifat-sifat tersebut. Kita akan menjadi mahasiswa yang berkarakter yang bisa bersaing dengan dunia luar.

Sumber:Ca'oni Prend
Sekedar iklan Klik.

Posting Komentar

0Komentar

#Gunakan nama/Url sobat untuk mempermudah saya.
#Hanya komentar dengan artikel terkait.
#Spam dilarang penuh.
#Tidak boleh menaruh link hidup/mati
#Dilarang copas (copyright 2012-2030)
#DIMOHON BANTUANNYA NGE-KLIK IKLAN DI ATAS *smile
#Pertamax tidak diamankan penulis

Posting Komentar (0)