Uji Coba Asam-Basa Menggunakan Indikator Alami

20
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pelajaran kimia lebih tepatnya pada Bab terakhir kelas XI IPA Tingkat SMA . Koloid merupakan sifat yang dimiliki oleh suatu zat yang dapat mengalami berbagai macam raksi misalnya koagulasi , efek tyndal maupun gearak brown . Namun kali ini saya tidak akan membahas lebih jauh dengan yang namanya kimia hanya sebatas berupa percobaan menggunakan indikator alami untuk menentukan mana larutan yang tergolong asam dan basa .
Pada umumnya semua orang mengetahui larutan asam dan basa dengan cara merasaaknnya dengan lindah misalnya : larutan cuka . Merupakan larutan asam karena memiliki rasa kecut saat dirasakan . Namun hal itu sangatlah berbahay jika dilakukan terus menerus . Oleh karea itu saya menganjurkan untuk menggunakan indikator alami sebagai pendeteksi suatu larutan . Dengan cara mengambil perasan dari bunga atau daun dari tumbuhan . Setelah menjadi sari sobat tinggal meneteskan 1-3 tetes menggunakan pipet kedalam tabung berisi larutan . Setelah itu lihat warna yang terjadi setelah ditetesi . Sebagai catatan jika larutan asam ditetesi maka akan berwarna sedikit cerah dibandingkan larutan basa . Selamat mencoba kawan .



Sumber:Ca'oni Prend
Sekedar iklan Klik.

Posting Komentar

20Komentar

#Gunakan nama/Url sobat untuk mempermudah saya.
#Hanya komentar dengan artikel terkait.
#Spam dilarang penuh.
#Tidak boleh menaruh link hidup/mati
#Dilarang copas (copyright 2012-2030)
#DIMOHON BANTUANNYA NGE-KLIK IKLAN DI ATAS *smile
#Pertamax tidak diamankan penulis

  1. waduh. .jadi ingat dulu waktu sekolah, anda bisa di putar waktunya. :D

    BalasHapus
  2. Praktikum Kimia lagi yaa Kang Oni,,,hm saya jadi teringat waktu saya masih SMA yang selalu melakukan Praktikum...

    BalasHapus
  3. klo saya dulu biasanya make kertas PH mas..lebih gampang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh kalau saya sudah kang makek kertas PH :)

      Hapus
  4. ane juga sma kya mas bobol only wktu sma makenya kertas PH buat pngujian asam basa. tp mggunakan indikator alami juga bgus gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang , saya sudah juga , namun sekarang harus menggunakan indikator alami :)

      Hapus
  5. baru tahu nih uji coba asam seperti ini heheehe

    BalasHapus
  6. hebat ya bisa menguji coba dengan asam hehehe

    BalasHapus
  7. nice info gan, dulu saya SMA belum ada seperti itu hehehehe

    BalasHapus
  8. praktek ane pas waktu SMA nih ane masih inget tuh , hehehe

    BalasHapus
  9. moga tipsnya bermafaat gan

    BalasHapus
  10. Keren nih, ingat waktu jaman sekolah dulu diruang Lab. Semangat Cak!

    BalasHapus
Posting Komentar