Mimpi Basah Saat Berpuasa

33
Assalamualaikum Wr.Wb
Siang sobat ca'oni prend,kali ini saya ingin membahas tentang hal-hal yang menurut kita apakah membatalkan puasa ataupun tidak.Hal inilah yang membuat hati kita merasa was-was dengan perbuatan tadi.
Perbuatan yang banyak orang merasa was-was apakah membatalkan puasa atau tidak adalah mimpi basah.Mimpi basah yang dimaksud adalah di saat kita melakukan ibadah puasa ketika itulah kita tidak sengaja mimpi basah.Bisa saat kita tidur pagi setelah sholat subuh/setelah sholat dhuhur(tidur saiang) ataupun tidur setealah sholat ashar(tidur sore).
Sebelum saya membahas tentang hukum mimpi basah terlebih daulu saya akan menjelaskan secara singkat apa itu Mimpi basah?




Mungkin semua laki-laki yang sudah balig pernah bermimpi basah atau kata lainnya mengeluarkan sel sperma  ketika tidur.Hal ini dikarenakan sel sperma yang terkandung di alat kelamin kita sudah melebihi ambang batas dan juga dikarenakan faktor tidak dibuahi dengan sel telur.Hal ini lah yang membuat sel sperma keluar disaat kita sedang ejakulasi.Entah itu disaat disengaja maupun disaat bermimpi melakuakan sesuatu.



1.Hukum mimpi basah saat berpuasa.
Jika kita (laki-laki)tidak sengaja bermimpi basah ketika puasa hukumnya makruh tetapi tidak membatalakn puasa kita.Dikarenakan perbuatan itu 100% tidak disengaja,dianjurkan ketika kita mimpi basah cepat-cepatlah mandi besar agar badan kita kembali suci dan bisa melanjutkan ibadah puasa kita.Namun lain halnya jika perbuatan tersebut disengaja dengan melihat film porno maupun melakukan ejakulasi disengaja,Jika disengaja hukumnya akan berubah menjadi membatalkan puasa .Dikarenakan melakukan maksiat dengan disengaja pula.

Berikut perbuatan -perbuatan yang dimakruhkan.

2.Menggosok gigi saat berpuasa.
Menggosok gigi saat berpuasa merupakan kewajiban setiap umat muslim agar mulut tetap terjaga keharumannya dari awal puasa hingga datang waktunya berbuka puasa.Kadang kita lupa ataupun tidak sempat menggosok gigi saat mau mandi untuk sholat subuh sehingga mengosok giginya dilakuakan pagi hari sekitaran jam 6-8.Hukum nya makruh karena itu tidak meinum air dikarenakan pasta gigi akan dikeluarkan kembali keluar tidak ditelan.Sebaiknya Kita menggosok gigi ketika mandi sebelum imsak agar kehusukan hati kita terjaga dari was-was.

3.Menangis saat berpuasa.
Menangis merupakan perbuatan yang tak disengaja yang sering dilakukan manusia ketika hatinya merasa sakit ataupun prihatin.Hal ini lah yang merangsang otak untuk mengeluarkan air mata.Hukum menangis saat berpuasa adalah makruh dikarenakan hal ini tidak sengaja dilakukan dan tidak mendekati makan dan minum.

4.Menghirup asap rokok.
Menghirup asap rokok sering kita lakukan ketika teman kita tidak sedang berpuasa padahal kita sedang berpuasa sehingga tidak disengaja kita hirup.Hukumnya makruh dikarenakan kita tidak disengaja menghirupnya dan tidak bermaksud untuk menghirupnya.

Cukup sekian siraman rohani dari saya ustad ca'oni undur diri.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Sumber:Ca'oni Prend Sekedar iklan Klik.

Posting Komentar

33Komentar

#Gunakan nama/Url sobat untuk mempermudah saya.
#Hanya komentar dengan artikel terkait.
#Spam dilarang penuh.
#Tidak boleh menaruh link hidup/mati
#Dilarang copas (copyright 2012-2030)
#DIMOHON BANTUANNYA NGE-KLIK IKLAN DI ATAS *smile
#Pertamax tidak diamankan penulis

  1. tetap puasa kan hari ini.. ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mangnya knp gan???? ya tetep lah puasa . .
      emangnya ku mimpi basah . .#smile

      Hapus
  2. kalau di sengja itu yang dosanya berilpat kali ya. soanya ko bulan baik malah di nodai perbuatan kotor. orang yang sah (suami istri) aja bisa jadi dosa besar gara gara melalukannya di bulan ramadhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mimpi di mana" pasti ga di sengaja lah sob

      Hapus
    2. hehehe iya sob . .
      tapi kalo ejakulasi bisa disengaja

      Hapus
    3. waaa kalo disengaja tu kurang tau saya sob dosanya . .ya mungkin juga

      Hapus
  3. Waduh artikelnya berat bro. Masalah Hukum fiqih literatur pembahasannya sangat dalam.

    BalasHapus
  4. ikutan nyimak aza ya, tanpa komentar lebih jauh nih. hihiii

    BalasHapus
  5. oh, ternyata makruh toh?
    baru tau sy,,,

    BalasHapus
  6. makasih gan. info berguna buat cowok2 gini... heeee

    BalasHapus
  7. lah kalau mimpi basanya sebelum sahur hukumnya gimana sobat???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ya gak papa sob . .itu biasa lah kyk mimpi basah di hari lain diluar bulan ramadhan tinggal mandi besar aja

      Hapus
  8. Balasan
    1. hehehe silahkan mbak . .
      baca"juga artikel yang lain

      Hapus
  9. Balasan
    1. silahkan simak dulu sob . . .
      jgn lupa bantu ngeklik iklannya ya ..

      Hapus
  10. wedeew, ane baru aja mimpi basah kemarin gan. pas pula mimpi nya pagi waktu lg puasa. ternyata hukumnya makruh yaa. thanks gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe . . iya gan sama".Silahkan baca artikel lainnya

      Hapus
  11. nice info kang . .sekedar menyimak

    BalasHapus
  12. info yg bermanfaat.... link dah aku tautkan di blog saya http://magetan-indah.blogspot.com.. salam persahabatan dari saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya gan makasih atas pertukaran linknya

      Hapus
  13. Menarik untuk disimak dan betul ini adalah banyakNya perkara yang buat orang waswas tentu karena kurangNya pengetahuan tentang Islam, Islam adalah agama yang penuh dengan kemudahan karena jika paham betul kita Umat Islam tentang ajaran Islam itu sendiri sungguh Islam ada bukan untuk mempersulit. Nice Info sobat.. semoga amalan sobat diterima Allah Subhanahu WaTa'ala amin...

    BalasHapus
Posting Komentar