Rangkuman Tugas B.Indonesia Kelas XII IPA SMA (Pameran)

10
Merencanakan Pameran Seni Rupa dan Desain
A.Apa itu pameran Seni Rupa ?
Pameran ( Art Exbition ) adalah kegiatan tampil diri ( menggelar ) satu atau kelompok karya seni rupa/desain yang disajikan dalam satu galeri,ruang aula,bangunan, atau di tempat terbuka tertentu. Pameran biasanya disertai dengan upacara pembukaan dan diakhiri dengan penutupan, baik yang diselenggarakan oleh individu peserta pameran maupun oleh organisasi/kepanitiaan penyelenggara pameran .
Penyelenggara pameran seni rupa/desain umumnya bertujuan untuk meperlihatkan,mempertunjukkan,mengomunikasikan, mempromosikan, menghibur, maupun memperkenalkan karya/pencapaian berkarya seorang/sekolompok seniman kepada masyarakat .
B.Jenis Pameran
            Dalam dunia kesenirupaan pada umumnya, terdapat berbagai kategori Pameran  yaitu : pemeran seni, pemeran produk, pameran pendidikan, dan pameran tetap . Keempatnya memiliki karakter berbeda-beda, sesuai dengan misi dan tujuan pameran itu diselenggarakan .
1.Pameran Seni Rupa
v  Pameran Tunggal
Pameran tunggal umumnya dipakai untuk menyebut pameran yang dilakukan oleh perorangan dan biasanya hanya menampilkan satu jenis karya seni.
v  Pameran Kelompok
Pameran kelompok umumnya dipakai untuk menyebut pameran yang dilakukan oleh sekelompok seniman. Pameran kelompok dapat berisi patung, keramik, grafis, atau karya seni lainnyasecara bersama-sama ataupun hanya satu jenis karya seni dari sekelompok seniman.
v  Pameran Restropeksi
Istilah pameran restropeksi digunakan untuk menyebut pameran sejarah perjalanan seorang seniman dalam berkarya yang dilakukan oleh perorangan.
2.Pameran Desain
            Pameran desain umumnya dipakai untuk menyebut pameran karya desain atau pameran produk kerajinan seperti pameran arsitektur, pameran hasil riset produk, pameran kriya, pameran furniture, pameran produk elektronik, pameran otomotif, pameran iklan dan sebagianya .
v  Pameran Desain Produk
Pameran produk adalah pameran promosi sejumlah perusahaan yang memproduksi berbagai jenis barang / desain, baik untuk tujuan promosi, maupun memperkenalkan produk baru yang dihasilkan. Pameran desain produk sering diselenggarakan di kota-kota besar,bahkan diantaranya disertai oleh pertunjukan musik untuk memikat konsumen.
v  Pameran Perumahan dan Interior
Pameran perumahan dan interior umumnya merupakan pameran promosi sejumlah perusahaan pengembang, biro konsultanm atau produsen arsitektur ayng memproduksi berbagai jenis barang/desain,

3.Pameran Hasil Pendidikan Seni/Desain
            Pameran pendidikan seni/desain adalah pameran hasil proses pendidikan, baik berupa karya akhir maupun proses pencapaian dalam mewujudkan karya. Di lingkungan perguruan tinggi kerap pula diselenggarakan pameran hasil riset/eksplorasi/inovasi desai para mahasiswea maupun staf pengajarnya.
4.Pameran Tetap
          Pameran tetap adalah pameran yang diselenggarakan oleh perorangan atau kelompok dalam sebuah galeri atau museum. TUjuan pameran ini adalah sebagai dokumentasi sejarah, objek wisata, promosi, dan ada pula yang diperjual belikan. Seniman-seniman besar umumnya memiliki galeri pribadi yang berisi koleksi karya seni semasa hidupnya.
C.Ruang dan Tempat Pameran
v  Ruang Pamer
Runa pamer adalah ruang yang telah direncakan untuk pameran karya kesenirupaan dan desain. Ruang tersebut da[at berupa galeri ataupun ruangan khusus yang dirancang untuk satu kegiatan., seperti  gedung pertemuan, aula, ataupun ruangan yang cukup l;uas yang dapat menampung sejumlah karya siswa untuk dipamerkan.
v  Denah
Sebelum kalian menyelenggarakan pameran, buatlah denah ruangan terlebih dahulu. Ukurlah besar ruangan dan bagilah sesuai dengan peruntukannya. Denah yang baik adalah jika sebuah ruangan pameran dirancang dengan mepertimbangkan jumlah dan sirkulasi pengunjung.
v  Display Pameran
Display pameran adalaha wahana tempat objek seni/desain dipamerkan, baik karya dua dimensi maupun karya seni 3 dimensi. Untuk karya dua dimensi biasanya disediakan panel yang memiliki sarana penggantung atau pemajang gambar, sedang untuk karya tiga dimensi sediakanlah meja atau sarana untuk menyimpan benda-benda seni.
v  Menata Pameran Seni Rupa
Hal yang penting dari seluruh kegiatan adalah menata pameran. Pameran itu baik jika benda-benda pamer ditata sedemikian rupa agar pengunjung tidak bosan. Tatalah benda pamer sesuai dengan urutan, kelompok, atau kesamaan jenis. Selain itu jangan lupa untuk member keterangan benda pamer dan pencahayaan yang cukup.
D.Organisasi Pameran
            Dalam penyelenggaraan pameran sekolah, kalian perlu mempersiapkan diri secara serius berbagai hal yang berkaitan dengan pelaksanaannya. Antara lain seperti berikut ini.
1.Kepanitian
            Kepanitiaan pameran seni rupa umumnya terdiri dari unsure pelindung, penanggung jawab, pembimbing, ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi pelaksana di bawahnya. Semakin ramping organisasi kepanitiaan sebenarnya semakin efektif dalam mejalankan organisasi kepanitiaan

.
2.Organisasi Kerja
            Organisasi kerja pameran umumnya terbagi atas dua kelompok, yaitu oragnisasipersiapan dan organisasi pelaksanaan. Keduanya dikoordinir bersama dalam satu kepanitiaan.
3.Sumber Pendanaan
            Pendanaan dapat dijajagi melalui pembuatan proposal pameran seni rupa. Sumber pendanaan dapat diperoleh dari sekolah, orang tua siswa, atau dari pihak-pihak yang bersedia menajdi sponsor utama.
4.Memilih Karya Layak Pamer
            Hal yang tak kalah sulitnya dalam penyelenggaraan pameran adalah memilih karya-karya seni rupa yang hendak dipamerkan. Buatlah kepanitiaan kecil untuk memilih dan mengumpulkan karya-karya para siswa.Buatlah kriteria dalam poemilihan karya, serta catatlah identitas setiap karya itu.
5.Publikasi dan Poster
            Banyak pameran seni rupa yang gagal mengundang sebanyak mungkin pengunjung karena kurang publikasi. Jauh hari sebelumnya buatlah semacam brosur pengenalan, juga poster dan spanduk penyelenggaraan pameran. Selain itu , dalam acara pembukaan pameran, undanglah semua unsur yang ada di sekolahmu.
6.Undangan
            Buatlah undangan sebaik mungkin dengan susunan acara, tanggal, tempat, serta waktu yang jelas. Untuk pimpinan sekolah, orang tua, dan penyantun dana, buatlah undangan khusus yang resmi, dan jangan lupa sertakan tanda tangan ketua panitia dan guru pembimbing.
7.Katalog Pameran
            Terdapat kebiasaan yang baik dalam penyelenggaraan, yaitu pembuatan catalog pameran. Katalog pameran dapat dibuat secara unik dengan cetakan yang bagus atau dapat pula dibuat sederhana. Fungsi catalog adalah sebagai media infrmasi benda pamer dan pembuatnya.
8.Keamanan
            Penyelenggaraan pameran adalah kegiatan mengundang unsure luar ke sekolahmu. Untuk itu, perizinan lembaga yang berwenang amatlah penting, juga dari pimpinan sekolahmu. Libatkanlah satuan keamanan dan organisasi siswa di sekolahmu secara aktif untuk mendukung penyelenggaraan pameran, mulai dari pembukaan hinga penutupan.
9.Acara Pembukaan dan Buku Tamu

            Acara pembukaan pameran merupakan acara penyelenggaraan pameran, karena pada saat itulah para undangan akan dating. Oleh karenanya, seksi acara pameran harus betul-betul mempersiapkan diri dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan acara itu, seperti susunan panitia penyambutan, pembawa acara, pengeras suara, hiasan dekoratif, buku tamu, daftar karya, dan makan ringan. Jika dalam acara tersebut diadakan sambutan-sambutan, berilah waktu secukupnya pada mereka yang akan memberi sambutan

Posting Komentar

10Komentar

#Gunakan nama/Url sobat untuk mempermudah saya.
#Hanya komentar dengan artikel terkait.
#Spam dilarang penuh.
#Tidak boleh menaruh link hidup/mati
#Dilarang copas (copyright 2012-2030)
#DIMOHON BANTUANNYA NGE-KLIK IKLAN DI ATAS *smile
#Pertamax tidak diamankan penulis

Posting Komentar